Beralihnya Search Engine Optimization ke Social Media Optimization



Search engine optimization pada hari ini, sudah semakin sulit untuk pemain baru masuk dan melakukan penetrasi untuk memarketing produk/jasa mereka di internet. Tapi kabar baiknya di dunia internet saat ini, ada tren yang mulai meningkat sejak beberapa tahun belakangan ini, yakni sebuah cara baru mendekati market di internet , yakni dengan cara social media optimization.

Ya, beberapa tahun belakangan ini social media sedang booming (tren naik) , bahkan di indonesia situs facebook lebih populer daripada google (pada saat tulisan ini dibuat). Nah bukankah ini sebuah peluang bagi Anda ? Sekarang pola pikir dari marketer di internet bukan saja hanya mengandalkan search engine optimisation, tapi juga mengandalkan social media optimisation. Nah , cara ini adalah bagaimana menyentuh target market selain menggunakan SEO, terkadang orang yang mendapatkan pesan marketing di dunia social media, bukanlah orang yang tidak memiliki kemampuan daya beli.

Anda sebuah survey menunjukkan bahwa para pengguna social media bukanlah selalu usia anak-anak, tapi lebih banyak mereka di usia produktif mereka dan diusia dimana mereka sudah memiliki income besar dan siap untuk mengeluarkan uang, jika Anda benar dalam menawarkan produk/jasa Anda dengan penawaran yang “tidak dapat” ditolak oleh mereka, yakni dengan memberikan penawaran yang berisikan nilai tambah yang besar sekali, sehingga sulit untuk mereka tolak.

So, jika saat ini Anda hanya fokus pada SEO, cobalah untuk melirik SMO. Oh ya, pastikan dalam kampanye SMO Anda, Anda berperilaku bukan terhadap mesin,tapi orang yang Anda hadapi di SMO adalah orang-orang “nyata” , sehingga pastikan Anda dalam memarketingkan terlihat natural, yakni dengan cara menunjukkan aktivitas Anda didunia SMO, dengan cara tetap mengupdate status, menjawab jika ada yang bertanya, dan aktivitas-aktivitas lainnya. Karena dalam SMO sifatnya adalah web 2.0 dimana terjadi komunikasi 2 arah, bukan 1 arah dimana Anda hanya terus menawarkan penawaran Anda di internet tanpa memperdulikan feedback orang tersebut.

Oh ya, salah satu kecanggihan SMO adalah tingkat Word of Mouth marketing yang tinggi sekali, karena semua kemudahan yang ditawarkan oleh Social Media optimisation yang snagat mudah sekali, yakni tinggal beberapa klik, mereka bisa dengan mudahnya mengundang semua teman di email list , dan mengirimkan email yang berisikan tentang website atau halaman social media Anda di internet. Atau bahkan mereka juga dengan beberapa klik bisa langsung mengundang semua teman mereka di website social media tersebut dan mengundangnya untuk memasuki website Anda. So untuk sukses di social media adalah, pastikan terjadi interaksi 2 arah dan mengaktifkan word of mouth marketing. Nah, cara menjalankan word of mouth marketing atau biasa yang saya sebut dengan viral marketing, bisa dengan 2 cara seperti yang sudah saya jelaskan di kohar marketing.

Yakni dengan insentif atau dengan respek kepada Anda ,yang terbaik selalu dengan respek, tapi akan jauh lebih bagus lagi jika Anda bisa mengaktifkan keduanya. Yakni respek plus insentif , sehingga mereka akan lebih gila-gilaan dalam mempromosikan halaman social media Anda, dan tentunya akan membuat Anda lebih terkenal di social media, dan lebih mudah menjual barang Anda di internet. Dan bagusnya lagi untuk mencapai tingkat kesuksesan di dunia social media optimization jauh lebih mudah di search engine optimization, memang tidak semua niche sama. Tapi tidak ada salahnya bukan mulai dari saat ini mengawinkan kedua media ini menjadi satu sehingga bisa menaikkan jumlah penjualan Anda di internet.

Sebagai sedikit tambahan dari apa yang saya dapatkan dari event Markplus Conference 2010 kemarin ini di ritz carlton pacific place oleh Hermawan Kertakaya. Bahwa kedepan akan ada 3 kekuatan besar yang menggerakan marketing kita menjadi jauh lebih attraktif lagi di 2010, yakni youngster (anak-anak muda), women (wanita) dan netizen (pengguna internet 2.0) . Salah satu aspek terbesar yang terus saya fokuskan adalah gabungan dari ketiga hal tersebut, yakni wanita muda yang menggunakan internet 2.0, sudah siapkah Anda mentargetkan website anda untuk menarik pengunjung dan pembeli dari prospek yang luar biasa ini ? Salah satu pendekatannya, yah kembali dengan SMO yang sudah dijelaskan diatas.

Jika Anda bisa mendapatkan market tersebut, maka tentunya peluang Anda untuk meningkatkan omset di tahun 2010 akan terbuka lebih lebar, tapi jangan menganggap mudah terlebih dahulu. walaupun banyak yang mengatakan bahwa wanita adalah tipe spender, tapi yang ingin ditekankan disini adalah mereka sekarang ini bukan hanya sebagai spender, tapi smart-spender yang bagus. karena dengan begitu banyaknya kompetisi didunia marketing baik secara offline maupun online , membuat mereka kini juga lebih waspada terhadap barang yang tidak berkualitas dan hanya membuang uang mereka untuk sesuatu yang tidak jelas. So kualitas produk anda juga mesti lebih bagus lagi.

Posting yang berhubungan



Related Websites

Join My empire